Home » , , » Kata Mutiara Bijak Gus Mus Seputar "Salah"

Kata Mutiara Bijak Gus Mus Seputar "Salah"

Posted by Contoh Kata Mutiara Bijak, Cinta Kehidupan, Motivasi Islami on Tuesday, May 26, 2015

Kata Mutiara Islami Gus Mus Tentang Salah

Kali ini tim penulis contoh kata mutiara kembali lagi memposting artikel dari sosok Kyai Bijak Gus Mus. Untuk yang satu beliau akan menuangkan pemikiran, dan nasehat yang mengandung nilai islami tentang sebuah kesalahan. Sebagai manusia, siapa yang tidak pernah melakukan salah, tentu kita semua punya dosa baik kepada diri sendiri, orang lain, maupun kepada Allah SWT. Namun sejauh mana niat kita untuk bertaqwa dan paham betul mengenai kesalahan yang pernah kita buat, sehingga kita dapat memperoleh hikmah dari kejadian tersebut.
  • Orang salah yang dicintai, sebentar saja akan terbukti ketidaksalahannya.
  • Orang yang tak pernah berbuat kesalahan adalah orang yang tak pernah berbuat apa apa.
  • Orang yang tak pernah melakukan kesalahan tidak pernah menemukan sesuatu.
  • Perhatian kita yang berlebihan terhadap kesalahan kesalahan orang lain membuat kita mati sebelum sempat mengetahui kesalahan kesalahan kita sendiri.
  • Kesalahan yang membuat anda sedih, lebih baik daripada kebaikan yang membuat anda congkak.
Itulah sebagian mutiara bijak Gus Mus seputar Kesalahan pada diri setiap manusia. Jika kita runtut dan pahami, maka akan ada hikmah dan nilai penting dari kata mutiara beliau.

kata-mutiara gusmus-tentang-salah

Kesimpulan dan Hikmah yang dapat dipetik dari Kesalahan 

Dari penggalan kata mutiara Gus Mus tentang salah, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sebagai manusia yang luhur jangan pernah takut pada kesalahan yang pernah kita buat, bukan berarti kita acuh pada kesalahan kita dan merasa tidak bersalah, tapi lebih daripada mengambil hikmah dari kesalahan yang pernah dibuat. Orang yang melakukan kesalahan lalu dapat mengambil hikmah dan tidak melakukan lagi lebih baik dari pada orang yang tidak melakukan apa apa.

Manusia hidup untuk belajar, itulah makna tentang kehidupan. Dan perlu diingat pula bahwa, jangan kita sibuk mencari kesalahan orang lain sampai kita lupa pada dosa kesalahan sendiri. Hal tersebut lebih rendah dan memalukan. Tetap prioritaskan diri sendiri untuk menebus kesalahan, dan jangan meyuruh orang lain sedang kita belum pernah melakukan. Demikian tentang Kata Mutiara Bijak Gus Mus Seputar "Salah", semoga kita dapat mengambil pelajaran penting dari artikel ini. Silahkan share jika anda suka dengan tetap mencantumkan sumbernya.


Custom Search